ɥͥοʹ֤ͤꤿɤͤ

ɥͥ㥫륿ǤǵŤȤĤŤʤޤޤˡ

2007ǯ10

Gujoeki˸ؤܤʸΰġ
ʥץ롣

Ƕᡢɥͥ
ȶ񡦥ƥꥢŸڡǤ
ʥץ뤬Ƥꡢ
ΤΤȤߤʼˤȤäꤷƤߤƤޤ

AgusˤϿοʥץߤƤ餪
籩򸡺Ƥ顢ʤΤʤʬ
ȬȨǹԤƤ뤳ȤȽ

ޤްϥCM
Τ줤ʳȤҲ򤵤ƤȤ⤢ꡢ
ä餤äƤߤ褦ȤȤˤʤޤ

ļˡ츩¿Ԥ鷴ȬȨޤǤ
¿6ءĹ24ء
ƻ3֤ƻΤꡣ

Ʊ֤ɤʤ黳αäƤޤ

äˤʤäΤϡ֤פ빩˼ס
ŷפ3ʤޤ

ºݤˤϼǤǤ
ΤˡǤ롢ΰĤθ򤹤롢ȤΤǤ

Agusκʤï⤬Ƥ֤Ȥ
ӡƥȥԡޥ
ΤĤäӡܥȤä
㥫륿Υäݤ˾ޤ
ʤȤ櫓ǥӤϤɤ餬ĤäΤ狼ޤ

ϥӥǥ쥿θ⤷ޤ
ǤǤƤ뤿ᡢˤϤȤȤƤޤ
̿ĤäƤޤ

θΤȤϹ˼򸫳ؤǸˤ㤤ʪǤ
ɥͥͤƤ狼䤹Τ
ȤȤФ줿ƥि

ŹФơγ򻶺Ǥ
Ť벼ĮʷϵĤȤǤ

ϰǤϡȤ˿ϩοҤ
äƤ뤽Ǥ
ȤƤ礭ʸˤӤäꡣ
ˤƤȤ餤礭Ǥ

AgusϤ˸äƤޤ

Kami juga pergi ke sebuah desa yang cukup jauh dari Tajimi City.

Kami melewati sekitar 24 stasiun kereta baru sampai kesana,
masih betul-betul desa, tapi indah sekali perjalanan
menuju desa itu bila kita lihat dari kereta api,
sebenarnya aku lebih menyukai suasana desa daripada suasanan kota.
Perasaan hatiku jauh lebih tenang dan damai dengan suasana desa.

Di Indonesia juga kalau aku berlibur aku lebih menyukai suasana desa
seperti Bandung dan Bogor.

Setelah sampai di stasiun terakhir kami turun,
ternyata sepi sekali di kampung itu,
orang yang lalu lalang bisa dihitung dengan jari,
wah kayaknya desa tersepi yang pernah ku kunjungi deh.

Sesampai di pusat kota barulah aku tahu
ternyata kampung yang kami datangi itu
sebuah kampung yang terkenal dengan kerajinan tangan makanan dari lilin.

TempuraSaladSample












Wah suatu pengalaman yang luar biasa sekali dalam hidupku,
Rupanya bukan cuma melihat cara membuat sebuah sample makanan,
Sudako sudah membooking dengan membayar 1000 yen,
kami pun boleh ikut membuat tempura dengan tangan kami sendiri.

Waduh seru sekali loh karena terlalu tinggi dan terlalu panjang
aku menuangkan lilinnya ke dalam air itu
tempura bikinanku terlalu besar sehingga tidak mirip yang asli,
tempura buatan sudako jauhg lebih bagus daripada punyaku
karena dia membuat dengan sedikit grogi jadi lebih kecil punnya dia.

Tapi bagaimana menurut pembaca mana yang lebih bagus punyaku
atau punya sudako yaaa?

Seteleh lelah berkeliling desa tersebut
kami istirahat sejenak di pinggir suangai sambil minum kopi.

Gujo1Gujo2







Desa itu sangat indah sekali karena letaknya di bawah bukit
jadi sangat sejuk sekali udaranya.

Koi






Ketika kami hendak pulang,dipinggir-pinggir jalan
ternyata masyarakat sekitar memelihara ikan mas koi,
air yang masuk ke kolam kecil di pinggir jalan itu
langsung air dari gunung, aku terkaget-kaget tak percaya
waktu aku melihat ikan koi yang besar sekali berwarna hitam,
aku dan sudako cukup lama melihat ikan koi tersebut
karena memang besar sekali ikannya.
Aku belum pernah melihat ikan koi sebesar itu dalam hidupku.

Secara keseluruhan aku sangat menyuikai desa itu,
sanagt tenang dan damai sekali,kalau aku datang ke Jepang lagi
aku berjanji dalam hati aku akan mengujungi desa itu lagi loh.

----ܸϤ颭----

ͤ¿餫ʤ󤤤ޤޤǽФޤ
ż֤˾ꡢ24ؤ餤ФơäȤξ夭ޤ
ˤޤļˤǤԤηʿФ餷
ż֤椫餽įƤޤ
ͤϼºݡԲļˤʷϵΤۤʤΤǤ
ʷϵ桢ͤοϲ䤫ˤʤޤ

ɥͥǤٲˤȤʤХХɥȤܥΤ褦
ļˤʷϵǤ

ؤ夯ȡĮϤȤƤŤޤ֤äƤޤ
̤᤮ͤοۤɤǡޤˬ줿
֤ӤȤȻפޤ

濴ޤǤȡϥǤǤʹݤ
ͭ̾ϰǤ뤳Ȥ狼ޤ

ϤŤʷиˤʤޤ
ʥץκߤǤʤ
1000ʧäƼʬμŷפ
θǤ褦ͽ󤷤ƤΤǤ

ˤ϶ʳޤ
򤢤ޤ˹⤤ȤĹǤޤä
ͤκäŷפ礭ʤꤹơ
ʪȻƤʤΤˤʤäƤޤޤ
ΤĤäŷפΤۤͤΤꤤΤǤ
ʤʤ顢ϤäȶĥƤơ
ͤκäΤ꾮Τ夬äʤǤ

Ǥ⡢ɼԤΤߤʤϤܤΤȤΤȤɤäȻפޤ

ޤ򤰤ȤƤĤ줿Τ
ͤϥҡߤʤդǵٷƤ򤷤ޤ

֤β˰֤ƤƶäȤƤȤǤ

ݡƻϩ來˽̱äƤΤ򸫤Ĥޤ
ƻϩ來ξʥڡ
ο夬ľܤϤ褦ˤʤäƤΤǤ
ƤȤƤ礭ʸ񤬤ΤߤĤơ
ͤϿ줺ȤƤӤäꤷޤ

ޤ礭ˡͤȤϤ֤Ĺ֡򸫤Ƥޤ
ͤϤ礭ʸ򤳤ޤǤߤȤޤ

ŪˤäơͤϤΤޤ򵤤ޤ
ȤƤⲺ䤫ʿ¤ʾǤ
ܤ˹ԤȤϤҤޤΩȿäǤ衣

Kuil
̤äƤ⹻ζ᤯ˤ
줤ʽƻȤޤ

⤬Ƥ顢
׷̻ݻޤǹԤäƤߤޤ

̤꤫ä⹻Ǥϵƻ
ƻֶǤߤȤΤʤäAgus
綽ʳǤ

Di Tajimi juga ada sebuah kuil yang bagus loh,
tapi sayang sedang direnovasi,
katanya sih habis kebakaran 3 tahun yang lalu.
Nama kuilnya EIHOJI letaknya diatas bekas sekolah SMA sudako deh.

7bf10daa.JPG







Dibelakang kuil ada sungai yang airnya bersih sekali,
2 tahun lalu sudako melarangku untuk mendekati pinggir sungai,
tapi kali ini aku tidak mau mendengar ocehannya
aku langsung turun dan duduk di batu pinggir sungai
Wah sugoi neeeeee.
Dia meneriakiku tapi aku pura-pura tak mendengarnya.

Sambil kucelupkan tanganku kedalam air dan serasa dingin seluruh tubuhku ,
suasana seperti alam inilah yang selalu kuidam-idamkan di saat hari liburku.

Setelah berkeliling kuil kami bergegas pulang karena
waktu sudah menunjukkan jam 5 sore waktunya kuil ditutup
dan dibersihkan oleh para biksu.

Sewaktu pulang kami mengitari sebuah sekolahan SMA dibalik kuil tersebut
yang ternyata bekas sekolah SMA sudako.
Aku melirik kedalam halaman belakang sekolah
ternyata ada satu kelas yang sedang berlatih memanah
untuk kegiatan ekstrakurikulernya loh, hebaaat ya.

----ܸϤ颭----

¿ˤ⤹Ф餷Ǥ衣
ǰʤ3ǯ˲кҤäȤ
Ǥ
̾ϱݻȤι⹻ξˤޤ

΢ˤϿ夬ȤƤ⤭줤ήƤޤ
2ǯ褿ȤˤϤ˶ŤΤؤޤ
ϤʸϤʤǤä˹ߤꡢ
Фξ˺¤ޤ
ͤ

϶Ǥޤͤʹʤ򤷤ޤ

Ȥ䤿錄ޤ
ٲˤˤϤʷϵ̣襤ȤĤ⤪äƤΤǤ

ä塢ޤǵ٤Ǥ
ϤǤͼ5Ĥޤ֤
˷ݽ򤷤Ƥޤ

ˤι⹻̤ޤ
΢ƤߤȡƻưƤޤ
ʤ

88cce306.jpg
βȤؤؤϡ⤤20ʬ餤εΥ
⤤ƤΰưǽǤ֤
Ȥζ᤯Х˾뤳ȤǽǤ

2003ǯ鱿ԤƤ륳ߥ˥ƥХ
㤤ʪ±ˤͤѤƤޤ

1֤1ܤޤΤǡ
AgusɽФΤϴñǤ


ǯΤХʥѤΥޥ
ҤȿƤ˲ä򤹤뱿žꤵ
ݤ˻Ĥä褦Ǥ͡

Di Tajimi sendiri sebetulnya lucu juga deh,
karena masyarakatnya sudah kebanyakan orang-orang
yang sudah sangat tua atau senior citizen,
dari rumah sudako ke stasiun tidak bisa jalan kaki,
ada sebuah bus yang datang setiap satu jam sekali
dengan membayar 200 yen sekali jalan,
banyak orang tua yang naik bus itu,
si sopir bus juga sudah tua ,
dia suka ajak ngobrol penumpang yang naik ,
mungkin sudah sejak muda kali dia membawa bus tersebut.

----ܸϤ颭----

¿򤤤ȤǤ
ʤʤ顢̱¿ϤǯäǤ

βȤؤޤǤ⤤ƽФʤΤ
1֤1ܡƻ200ߤΥХФƤޤ

¿Τǯ꤬ΥХˤΤޤ
žꤵǯȤäƤơ
ҤȤ٤򤹤ΤǤ
֤󡢼㤤餳ΥХžƤȻפޤ

Kincir
ǤΤ
Τʤ꤬˥
μ̿Ϥʤ
ƻαؤο֤μ̿
ĤäƤޤ


Besoknya kami pergi ke Bendungan,
agak jauh sedikit memang dari Tajimi city,
tapi perjalanan ke sana sangat indah sekali,
karena di kiri kanan dikelilingi hutan
jadi aroma hutannya sangat segar terasa.

Bendungannya juga bagus sekali
kalau boleh aku bilang sih
suasananya mirip di pulau Sumatra
yang ada pembangkit listriknya yaitu sungai Asahan
dimana disana berdiri perusahaan jepang yang bergerak
dalam industri aluminium, nama pembangkitnya
yaitu pembangkit(PLTA) Siguragura.

----ܸϤ颭----

ϥ˹Ԥޤ
¿ϤäΥƤɡ
ηʿȤƤ⤭줤Ǥ
ˤϼڤФäƤơӤι꤬äǤ

⤹Ф餷äǤ
ޥȥˤ륢ϥˤȯŽ
ʤˤܤΥߥ˥Ҥޤˤ˻Ƥޤ

츩¿Ԥ夤
Ica̾Ų˽ФAgus
3˼Ҳ񸫳ؤ˹Ԥä褦Ǥ

Unagappa







Hari pertama di Tajimi city aku sangat senang sekali,
karena pemandangannya begitu indah sekali.

Kami pergi ke kebun binatang yg terletak di Nagoya city,
ternyata di Nagoya binatangnya lengkap sekali loh,
tidak seperti kebon binatang Ragunan yang ada di Jakarta
tidak terawat dan tidak terurus.

TK







Di kebon binatang itu kami bertemu banyak sekali anak-anak sekolah TK.
Setelah aku bertanya kepada Ica ternyata pas dengan waktunya
anak-anak sekolah sedang melakukan study tour di kebun binatang,
wah kayaknya anak-anak TK di Jakarta jarang tuh
melakukan study tour seperti itu,
kasihan sekali anak-anak di Indonesia ya.

Setelah itu kami pergi ke pabrik Bir.
Nama Pabrik Bir tersebut adalah PABRIK BIR KIRIN,
wah aku sangat terkesan sekali dengan pabrik bir tersebut
karena seumur hidup aku baru pertama kaliini bisa masuk
dan melihat-lihat proses pembuatan sekaleng Bir loh.

Aku memperhatikan dengan serius
waktu tour guidenya menerangkan proses pembuatan Bir tersebut.
Untung ada Ica yang dengan lincah menterjemahkan kata-kata
yang dikatakan tour guide tersebut
sehingga aku dapat menangkap arti kalimat yang keluar dari bibir mungilnya.


Beerpark







Di akhir perjalanan tour kami,
kami di perbolehkan mencicipi satu gelas Bir
yang masih baru diproduksi di pabrik tersebut,
ternyata ada sebuah produk baru dan belum launcing
di pasaran Jepang dengan mereknya Sparkling Hop,
rasanya enak sekali.

Wah aku sangat senang sekali waktu itu
karena akulah orang Indonesia pertama yang meminum Bir tersebut,
atau mungkin GAIJIN pertama kali yaaaaaa.

Sepulang dari Pabrik Bir kami pergi ke Museum Toyota(*1),
wah museumnya bagus juga loh, ada prototype mesin uap jaman dulu
dan berbagai macam permainan lainnya.

*1 ȵѵǰΤȡ
ǰʤ֤ʤŸʪϸʤä褦Ǥ

----ܸϤ颭----

¿Ǥνʿ줤ͤӤǤ

ͤ̾Ųˤ(컳ưʪˤޤ
̾ŲưʪưʪäƤꡢ
줬ԤϤƤʤ㥫륿
饰ʥưʪȤ㤤ޤ

ưʪǤձˤв񤤤ޤ
ʹƤߤȡ礦ɼҲ񸫳ؤλǤ
ɥͥձϤҲ񸫳ؤ
ޤԤʤˤ襤Ǥ

ưʪΤȤϡӡ빩˹Ԥޤ
ӡιǤ
ޤǤοǹä
ӡ¤ߤȤʤƤʤä
˰ŪǤ

ĥɤ¤Τ򿿷˸Ƥޤ
ˤ⤤㤬θդƤ줿ΤDzäƤΤ
򤹤뤳ȤǤޤ

ĥνˤϹǤǤФΥӡ
̣뤳ȤǤޤ
ΤϤޤܤλԾ˽ФƤʤ
ӡ롢ѡ󥰥ۥåפǤ
ȤƤ⤪äǤ

ΥӡƤΥɥͥ͡
䡢ҤäȤƤΥ󤫤⤷ʤȻפä
ˤ줷äǤ

ӡ빩εˤϻȵǰۤ˹ԤäƤޤ
ߥ塼Ǥ
ΤξؤΥץȥפŸƤä
ͷӤǤޤ

5c7d3a55.JPGΥХߥʥ뤫
ļˡ츩¿Ԥ˸Х
饤ʡ˾äAgus
ƤΥХƤñȹư
äȶḥ̂Ǥ


ƤΥХιˤĤAgus
ˤƤޤ

Pertama aku berangkat ke Tajimi
dengan menggunakan bus JR(Japan Railway)
dengan harapan melihat pemandangan kota-kota yg akan kulewati
dari dalam bis dari stasiun Shinjuku dekat toko Uniqlo.

Dengan perasaan berdebar-debar aku menunggu bis tersebut.
Ketika bis tersebut muncul aku berpamitan dengan Sudako.

Sebelum berangkat dia berpesan jangan turun dari bis
kalo bis sedang istirahat karena dia takut aku akan ketinggalan,
dengan cerewetnya dia selalu mengulangi kata-kata tadi
sehingga telingaku sakit mendengarnya.

Setelah berangkat bisnya,
aku sangat menikmati pemandangan kota-kota di Jepang
dari dalam bis lewat jalan tol.

Jalan tol di Jepang sangat bagus tidak seperti yang ada di Jakarta,
tampaknya pengusaha jalan tol di Jepang sangat memperhatikan
kepentingan konsumen yang menggunakan jalan tol tersebut.

Ini berbeda sekali dengan di Indonesia dimana pengusaha jalan tol
hanya memikirkan kenaikan tarif jalan tol saja
tanpa memikirkan pelayanannya, dasar Indonesia..
Loh kok saya jadi ngomongin jalan tol terus ya,
emangnya gua pengamat jalan tol apa?

Kembali ke cerita lagi ahh,
oh ya sampai pemberhentian bis JR yg ke 7
kalo ngga salah, aku mulai tergoda untuk turun,
walau ditelingaku terngiang ngiang omongan Sudako
supaya jangan turun dari bis kota, tapi akhirnya
aku tergoda juga untuk turun, disamping tekanan dari dalam
yang sudah tak tertahan lagi alias udah kepengen pipis
akhirnya aku memberanikan diri untuk turun dengan perasaan deg-degan.

Untung sebelum berangkat aku membeli kamera Sony Cyber Shot
dari toko BIG CAMERA yang ada di Shinjuku.

Tapi sebelum aku pergi ke toilet aku terlebih dahulu memotret bis tersebut
dari arah samping dan dari depan beserta plat nomornya,
agar bisa mengetahui bahwa itulah bis ku,
aku takut ada bis JR yang lain yang datang,
wah aku tak bisa membayangkan kalau aku salah bis,
mungkin bisa hilang aku di Jepang, pikirku waktu itu,
terlebih karena aku tidak terlalu fasih bahasa Jepang.

Akhirnya bis tersebut melanjutkan perjalanan sampai di stasiun Tajimi,
aku masih ragu-ragu untuk turun,
namun setelah aku melihat batang hidung adiknya Sudako
dengan senyum yang mengembang di malam yang sudah dingin
barulah aku menyadari aku selamat sampai tempat tujuan.

Huyyyy selamet deh!!

桢ӥꥢǤΥȥٷƤ
ä٤줿ꡢХְ㤨ʤ褦ˡ
ǤХХߤʤ褦ˡȤθդ
Ĥ褦Ǥ

ǤϤºݤˤ԰¤ǤȤä̿(ˤϤǤ


bisantarkota







̿򤽤ξdzǧɬפʤƤ褫äǤ͡
JRΥХäƤȤ狼ޤ

ɤμͳΤĤǥɥͥΤޤ
äۤȤꥯȤ򤤤Τ
ˤʴˤĤäƤߤޤ(ˡ

--------------------------------------------------------
̲᤹볹ηʿߤ褦Ȥȡ˥᤯οɱؤ顢
¿˸JRХĤäƽȯޤ

ɥɥʤͤϥХԤޤ
Х褿ȤȤʤ餷ޤ

ƤƤޤȡ
ȯϥХٷ桢Хߤʤ褦ˤޤ
䤫ޤ٤⤽ΥȥФ򤤤ΤͤμˤʤäƤޤޤ

Хȯ塢ͤϹ®ƻϩ̤ʤܤγηʿʤޤ

ܤι®ƻˤФ餷㥫륿Ȱ㤤ޤ
ܤι®ƻϩλȼԤѤԤθƤ褦Ǥ

;夲ФͤӥΤȤϰڹͤʤ
ɥͥȤ㤤ޤ
ɥͥäƤĤϡ
á®ƻϩΤȤФäää
ͤϹ®ƻϩΥʥꥹȤäĤΡ

ä򸵤ˤɤȤ뤫
ְ㤤Ǥʤ7ܤαǡ
ͤϹߤꤿȤͶǤˤϤޤ
ΥȥФ˶ƤޤĤ˹ߤ褦Ȥˤʤޤ
¦Υץå㡼Ѥ줺Ĥޤꡦ
ȥˤʤäΤǡͦդꤷܤꡢ
ɤɤʤХߤޤ

ˤȯɤΥӥå
ˡΥСåȤäƤޤ

ȥ˹Ԥˡ顢
ʥСץ졼Ȥ򤤤ƥХμ̿Ȥޤ
Хְ㤨ܤ»ҤˤʤäƤޤ
¾JRΥХäѤȻפ
줬ͤΥХȤ狼褦ˤ櫓Ǥ
ܸͤ줬ʤˤޤʤǤ

Х¿ؤޤ³ޤ
ͤϹߤΤޤ桢
äѤξд⤫٤δ餬볦ȡ
̵ͤŪϤˤĤΤȼ´ޤ

ä̵塣

ֲȤĤפAgus
ܤιԤޤ
ܤǤߤܤ򥷥꡼Ǥޤ

475ae5f0.JPG






Ķľ塢ॸХԤAgus

BukuTransjakartaΥХ̾Busway
7ϩꡢߵޥԥå
3ϩ˷Ǥ롣

Τ2ϩˤĤƤϻ䤬ɤ̤
®¹Ԥƻϩ
Jl. Gatot SubrotoJl. Yos Sudarso
̲᤹餷

ƻȤ纮ξʤΤ
Buswayηߤ(ߤϡʬŪʤ
1졢˽ڤ̤ȤʤäƤ롣


⤦˷ߤޤȤäΤʤ
ĤϤޤäƤ褦ʴǤ롣

ˤƤ̤ɬפ
BuswayϤäѤפʾ
夷Ƥ餤ȻפäƤ롣

˽񤤤褦ˡBuswayϸ7ϩ⤢Τ
ޤˤɤɤϢƤΤ
ɤ˹ԤΤޤ褯狼餺
ʣϩȤäƤɤ˹ԤȤΤʤǤ롣

ϩޤʤ櫓ǤϤʤ

PetaPeta2









ޤǡۤ줿ꡢαŽäƤäΤ
ʡʢ˴ΤΡ

7ˤۥƥ륤ɥͥΥ꡼ʤɤ
̵Ƥ餷ǤʤäΤ
ɤϿޤäϤ褯狼ʤ

ä狼ΤФʡ
ˤС¾θ̵ؤȤϢ狼Ф
ȻפäƤȤܲǸĤΤܡ
Keliling Jakarta Naik Busway, Yuuuuk!

BuswayȤʳϩޤᡢ
˾äɤˤȤΤ
Ⱥ٤񤤤Ƥ롣

ܤˤϡϩΤɤǹߤȡ
ɤˤ뤫ʾ꤬ƤΤǤȿڤǤ롣

Ͽޤ⡢ɤαǤɤϩȤϢ򤷤Ƥ뤫
ǼƤꡢBuswayαˤɽ狼䤹

ޤԷμ׽ϤǤƤХ
ΥϥåԤΥХˤĤƤ⡢
ɤBuswayȤĤʤäƤ뤫
롼ȡԻ֡ʤɴޤ񤫤Ƥ롣

ޤʳ̤ΥХˤĤƤ
BuswayȤĤʤäƤΤˤĤ
̾Хֹ桢ϩХμ̿ȤȤ
񤫤Ƥ롣

ºݤ˻Ȥ䤹ɤϻƤߤʤ
狼ʤɥ֥åŪʤΤ
㥫륿DZԤƤХ狼ꡢ
ѤǤɤ˹ԤäƤߤ褦Ȥˤ롣

ʤ19500ԥ

ɥͥͤͧͤ˸顢⤤Ȥ
ʤ饸㥫륿ܤΤĤ٤
Ȥȡ

ܤʤꡢԤҤڤʥɤ󼨤٤ȤΤ
Τˤ̤Ǥ뤬ޤϿޤѤʤɥͥͤΤȡ
ΤɬפʤȻפäƤΤ

̶Ф˻Ȥͤϼʬ̤롼ȤˤĤİƤȻפ
äȤߤʤ˸̵ؤѤߤʤ顢
ʹԤʤꡢΤʤˤñˤ褦
ɥ֥åˤ衢֥Ⱦˤ衢ǥ󼨤Ƥ٤Ǥ롣



㥫륿ܤTransjakartaΥڡ

Transjakarta桼Υߥ˥ƥȤ

ΥڡΥȥåץ